Category: Living in Educational Technology

  • Definisi Teknologi Pendidikan dari 1920 hingga 2023 oleh AECT

    Definisi Teknologi Pendidikan dari 1920 hingga 2023 oleh AECT

    Apa batasan pada bidang ini? Bagaimana kita menentukannya? Apa label yang cocok untuk mendeskripsikan kita semua yang berkecimpung di bidang ini? Bidang garapan kita mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Tidak hanya definisi, istilah untuk menyebut bidang garapan ini pun turut berubah saking banyaknya perkembangan yang terjadi. Definisi Tahun 1920 (Dorris) Dikemukakan oleh Dorris (1928), berkembang…

  • Growth and Impact of Educational Technology Industries in Indonesia

    Growth and Impact of Educational Technology Industries in Indonesia

    This article explores the EdTech landscape in Indonesia, highlighting key players and discusses the potential for growth in both profit and non-profit sectors.

  • Prospek Pekerjaan dan Peluang Lulusan Teknologi Pendidikan Masa Kini

    Prospek Pekerjaan dan Peluang Lulusan Teknologi Pendidikan Masa Kini

    Banyak yang mengatakan bahwa gelar S.Pd akan menjadi guru, tidak sepenuhnya benar dan juga tidak salah. Jurusan Teknologi Pendidikan memiliki prospek yang sungguh luas di dunia kerja. Bahkan, Alumni Teknologi Pendidikan tidak secara khusus dikembangkan dan dididik untuk menjadi seorang pengajar. Jika bukan sebagai pengajar, lalu sebagai apa? Umumnya, mayoritas artikel dan konten yang ada…

  • Definisi Terbaru Teknologi Pendidikan AECT 2023: Cakupan Lebih Luas dan Relevansi Terkini

    Definisi Terbaru Teknologi Pendidikan AECT 2023: Cakupan Lebih Luas dan Relevansi Terkini

    Educational technology is the ethical study and application of theory, research, and practices to advance knowledge, improve learning and performance, and empower learners through strategic design, management, implementation, and evaluation of learning experiences and environments using appropriate processes and resources.  Definisi Teknologi Pendidikan 2023 (AECT Definition Task Force, 2023) AECT telah memperbarui definisi Teknologi Pendidikan…

  • Kuliah W3: 12 Feb – 16 Feb

    Observasi Kelas, Pembelajaran Daring & Temuan Laboratorium Animagine-XL Saya cukup terkesan dengan image generator kali ini. Dengan art style anime, cukup mudah untuk melakukan self hosting. Meskipun demikian, Image Diffuser ini cukup haus akan GPU Memory. Kehausan ini saya temukan ketika mencoba melakukan running pada Google Colab dengan T4 TPU Engine. Dalam satu kali percobaan, dibutuhkan…

  • Kuliah W2: 5 Feb – 9 Feb

    Statistika Pendidikan (observasi) Pada pertemuan kali ini, Pak Taufik banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi. Topik yang dieksplorasi pun cukup dinamis, mulai dari bagaimana sebuah data didapatkan, kredibilitas suatu data hingga mencari data dari sumber data terbuka. Di penghujung akhir, mahasiswa diminta untuk melakukan penugasan berupa investigasi karakteristik sebuah data yang telah dicari…

  • Kuliah W1 : 29 Jan – 2 Feb

    Kuliah W1 : 29 Jan – 2 Feb

    Statistika Pendidikan (observasi kelas) Perkuliahan statistik ini diampu oleh Bapak Taufik, pembukaanya menarik dengan sebuah permainan dengan pertanyaan terkait pengetahuan umum dan brain tezzer. Materi yang dibawakan pada pertemuan awal hanyalah paparan tentang bagaimana perkuliahan dijalankan dan materi – materi yang akan hadir. Kemenarikan dari desain materi kali ini ialah Pak Taufik membawakan beberapa hal…

  • How did I develop as a students from my first to my final year?

    How did I develop as a students from my first to my final year?

    During my three and a half years as a student, I compromised on many things. I was quite amazed by the development I experienced during my time in Malang City. I met many human characteristics, jobs. Many people passed through my life, not many but all of them are imprinted in my memory. In lectures,…

  • Analisis Sentimen Umpan Balik/Persepsi Pebelajar

    Analisis Sentimen Umpan Balik/Persepsi Pebelajar

    Selama menjelajah penelitian tentang Sentimen Analisis di Google Schoolar, tidak banyak penelitiaan yang bertopik tentang pendidikan. Jikapun ada, tidak membahas konsep pemanfaatan sentimen analisis, melainkan menguji performa model yang dikembangkan. Dilihat melalui kacamata Teknologi Pendidikan, kurang tepat rasanya untuk menuliskan penelitian yang membahas modelling arsitektur NLP. Menjadi sebuah motivasi untuk mencoba analisis sentimen. Cara sederhana…

  • Repurposing “Learning Center”

    Repurposing “Learning Center”

    Berawal dari sebuah rutinitas untuk datang di sebuah tempat tertentu dalam jangka waktu yang terlalu lama, berakhir dengan wadah untuk saling merekonstruksi pengetahuan dengan cara yang sampah namun autentik. Learning Center yang saya maksud ini ialah sebuah gazebo yang terletak di depan gedung D5 Universitas Negeri Malang. Learning Center bukanlah sebuah nama resmi dari gazebo…