Definisi Teknologi Pendidikan dari 1920 hingga 2023 oleh AECT

Apa batasan pada bidang ini? Bagaimana kita menentukannya? Apa label yang cocok untuk mendeskripsikan kita semua yang berkecimpung di bidang ini? Bidang garapan kita mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Tidak hanya definisi, istilah untuk menyebut bidang garapan ini pun turut berubah saking banyaknya perkembangan yang terjadi.

Definisi Tahun 1920 (Dorris)

Dikemukakan oleh Dorris (1928), berkembang pada zaman sekolah – sekolah menggunakan media visual untuk proses pembelajaran.

Pada 1920 – 1940, definisi teknologi instruksional berada di garapan media pembelajaran, baik media audio maupun visual.

Definisi 1963 (DAVI)

Pada tahun ini, definisi teknologi pendidikan diciptakan oleh Departement of Audio-Visual Instruction (DAVI) dari Amerika Serikat yang sekarang berganti nama menjadi Association for Educational
Communications and Technology (AECT). Pada tahun ini, Teknologi Instruksional didefinisikan di lingkup yang lebih luas, tidak hanya sekadar produk media. Sayangnya, definisi ini tidak terpublikasikan.

Definisi 1970 (CIT)

Definisi ini dikemukakan oleh Commison of Instructional Technology, Amerika Serita. Melalui laporannya yang berjudul To Improve Learning CIT membuat dua definisi Teknologi Instruksional. Bunyi definisi pertama merupakan refleksi dari definisi awal Teknologi Instruksional:

Sedangkan definisi kedua yang lebih luas namun cukup kontras dengan definsi resmi yang pertama:

Definisi kedua cukup luas dan menggambarkan bahwa teknologi instruksional ialah sebuah proses dalam menghadirkan pembelajaran dan mendesainnya.

Definisi 1977 (AECT)

Merupakan definisi yang paling populer dan menjadi definisi fundamental dalam Teknologi Pendidikan. Dipublikasikan dalam bentuk cetak oleh AECT dengan judul Educational technology: Definition and glossary of terms.

Definisi 1994 (AECT)

Masa dimana komputer, teknologi dan bahkan internet mulai hadir di berbagai lapisan, teknologi instruksional pun telah berubah secara drastis dan tidak seperti 1970an. AECT kembali mendefinisikan Teknologi Pendidikan melalui terbitannya yang berjudul Instructional Technology: The Definitions and Domains of the Field. (Seels & Richey, 1994).

Definisi ini merupakan cikal bakal dari lima domain Teknologi Pendidikan yang sering dibicarakan sebagai pengantar pada perkuliahan maupun penjelasan dasar tentang Teknologi Pendidikan.

Definisi 2007 (AECT)

AECT kembali mempublikasi definisinya yang mengalami perubahan signifikan, membuka cakrawala baru serta mencakup lini penelitian dan penerapan teori praktik. Melalui terbitannya yang berjudul “AECT Definition and Terminology Committee” (Januszewski and Molenda, 2007), definisi yang ditetapkan sebagai berikut:

Pada definisi ini, dikenalkan kepakaran yang banyak digunakan oleh institusi pendidikan, yaitu memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan performa.

Definisi 2017 (AECT)

Definisi ini tidak banyak dikenal oleh kalangan umum, namun cukup menarik untuk diketahui kebaharuannya, dirilis sepuluh tahun sejak definisi terakhir di publikasikan. Publikasi definsi ini dapat dibaca pada artikel Trends, issues, best practices and current research in organizational training and performance yang ditulis oleh Hasting & Bauman (2020).

Definisi 2023 (AECT)

Belum ada satu dekade sejak definisi terbaru, AECT kembali mempublikasikan definisi terbaru dari Teknologi Pendidikan.

Definisi ini tidak jauh berbeda dengan versi 2017, namun memberikan perluasan domain, fungsi dan tujuan dari teknologi pendidikan. perubahan zaman yang cukup drastis terjadi di antara 2017 dan 2023 yang memaksa perlu adanya disrupsi terhadap teknologi pendidikan baik dari bidang kajian, fungsi dan tujuan dari Teknologi Pendidikan itu sendiri.

Daftar Rujukan

  • Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology: The definition and domains of the field. Association for Educational Communications and Technology.
  • Dorris, A. V. (1928). Visual instruction in the public schools. Ginn.
  • Januszewski, A., & Molenda, M. (2007) AECT Definition and Terminology Committee. In A. Januszewski & M. Molenda (Eds.), Educational technology: A definition with commentary. Lawrence Erlbaum.
  • Hastings, N. B., & Bauman, J. A. (2020). Trends, issues, best practices and current research in organizational training and performance. TechTrends, 64, 188–189.
  • Reiser, R.A., Carr-Chellman, A.A., & Dempsey, J.V. (Eds.). (2024). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (5th ed.). Routledge.