Apa batasan pada bidang ini? Bagaimana kita menentukannya? Apa label yang cocok untuk mendeskripsikan kita semua yang berkecimpung di bidang ini? Bidang garapan kita mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Tidak hanya definisi, istilah untuk menyebut bidang garapan ini pun turut berubah saking banyaknya perkembangan yang terjadi.
Definisi Tahun 1920 (Dorris)
Dikemukakan oleh Dorris (1928), berkembang pada zaman sekolah – sekolah menggunakan media visual untuk proses pembelajaran.
“the enrichment of education through the ‘seeing experience’ [involving] the use of all types of visual aids such as the excursion, flat pictures, models, exhibits, charts, maps, graphs, stereographs, stereopticon slides, and motion pictures”
Pada 1920 – 1940, definisi teknologi instruksional berada di garapan media pembelajaran, baik media audio maupun visual.
Definisi 1963 (DAVI)
Pada tahun ini, definisi teknologi pendidikan diciptakan oleh Departement of Audio-Visual Instruction (DAVI) dari Amerika Serikat yang sekarang berganti nama menjadi Association for Educational
Communications and Technology (AECT). Pada tahun ini, Teknologi Instruksional didefinisikan di lingkup yang lebih luas, tidak hanya sekadar produk media. Sayangnya, definisi ini tidak terpublikasikan.
Definisi 1970 (CIT)
Definisi ini dikemukakan oleh Commison of Instructional Technology, Amerika Serita. Melalui laporannya yang berjudul To Improve Learning CIT membuat dua definisi Teknologi Instruksional. Bunyi definisi pertama merupakan refleksi dari definisi awal Teknologi Instruksional:
In its more familiar sense, it [instructional technology] means the
media born of the communications revolution which can be used
for instructional purposes alongside the teacher, textbook, and
blackboard. . . . The pieces that make up instructional technology
[include]: television, films, overhead projectors, computers, and
other items of “hardware” and “software.”
Sedangkan definisi kedua yang lebih luas namun cukup kontras dengan definsi resmi yang pertama:
The second and less familiar definition of instructional technology
goes beyond any particular medium or device. In this sense, instructional technology is more than the sum of its parts. It is a
systematic way of designing, carrying out, and evaluating the
whole process of learning and teaching in terms of specific objectives,
based on research on human learning and communication,
and employing a combination of human and nonhuman resources
to bring about more effective instruction.
Definisi kedua cukup luas dan menggambarkan bahwa teknologi instruksional ialah sebuah proses dalam menghadirkan pembelajaran dan mendesainnya.
Definisi 1977 (AECT)
Merupakan definisi yang paling populer dan menjadi definisi fundamental dalam Teknologi Pendidikan. Dipublikasikan dalam bentuk cetak oleh AECT dengan judul Educational technology: Definition and glossary of terms.
Educational Technology is a complex, integrated process involving people, procedures, ideas, devices and organization, for analyzing problems and devising, implementing, evaluating, and managing solutions to those problems, involved in all aspects of human learning.
Definisi 1994 (AECT)
Masa dimana komputer, teknologi dan bahkan internet mulai hadir di berbagai lapisan, teknologi instruksional pun telah berubah secara drastis dan tidak seperti 1970an. AECT kembali mendefinisikan Teknologi Pendidikan melalui terbitannya yang berjudul Instructional Technology: The Definitions and Domains of the Field. (Seels & Richey, 1994).
Instructional Technology is the theory and practice of design, development, utilization, management, and evaluation of processes and resources for learning.
Definisi ini merupakan cikal bakal dari lima domain Teknologi Pendidikan yang sering dibicarakan sebagai pengantar pada perkuliahan maupun penjelasan dasar tentang Teknologi Pendidikan.
Definisi 2007 (AECT)
AECT kembali mempublikasi definisinya yang mengalami perubahan signifikan, membuka cakrawala baru serta mencakup lini penelitian dan penerapan teori praktik. Melalui terbitannya yang berjudul “AECT Definition and Terminology Committee” (Januszewski and Molenda, 2007), definisi yang ditetapkan sebagai berikut:
Educational technology is the study and ethical practice of facilitating
learning and improving performance by creating, using, and
managing appropriate technological processes and resources.
Pada definisi ini, dikenalkan kepakaran yang banyak digunakan oleh institusi pendidikan, yaitu memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan performa.
Definisi 2017 (AECT)
Definisi ini tidak banyak dikenal oleh kalangan umum, namun cukup menarik untuk diketahui kebaharuannya, dirilis sepuluh tahun sejak definisi terakhir di publikasikan. Publikasi definsi ini dapat dibaca pada artikel Trends, issues, best practices and current research in organizational training and performance yang ditulis oleh Hasting & Bauman (2020).
Educational technology is the study and ethical application of theory, research, and best practices to advance knowledge as well as mediate and improve learning and performance through the strategic design, management and implementation of learning and instructional processes and resources.
Definisi 2023 (AECT)
Belum ada satu dekade sejak definisi terbaru, AECT kembali mempublikasikan definisi terbaru dari Teknologi Pendidikan.
Educational technology is the ethical study and application of theory, research, and practices to advance knowledge, improve learning and performance, and empower learners through strategic design, management, implementation, and evaluation of learning experiences and environments using appropriate processes and resources.
Definisi ini tidak jauh berbeda dengan versi 2017, namun memberikan perluasan domain, fungsi dan tujuan dari teknologi pendidikan. perubahan zaman yang cukup drastis terjadi di antara 2017 dan 2023 yang memaksa perlu adanya disrupsi terhadap teknologi pendidikan baik dari bidang kajian, fungsi dan tujuan dari Teknologi Pendidikan itu sendiri.
Daftar Rujukan
- Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology: The definition and domains of the field. Association for Educational Communications and Technology.
- Dorris, A. V. (1928). Visual instruction in the public schools. Ginn.
- Januszewski, A., & Molenda, M. (2007) AECT Definition and Terminology Committee. In A. Januszewski & M. Molenda (Eds.), Educational technology: A definition with commentary. Lawrence Erlbaum.
- Hastings, N. B., & Bauman, J. A. (2020). Trends, issues, best practices and current research in organizational training and performance. TechTrends, 64, 188–189.
- Reiser, R.A., Carr-Chellman, A.A., & Dempsey, J.V. (Eds.). (2024). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (5th ed.). Routledge.