Rengga Prakoso Nugroho

Kuliah W1 : 29 Jan - 2 Feb

3 min read

Cover Image for Kuliah W1 : 29 Jan - 2 Feb

Statistika Pendidikan (observasi kelas)

Perkuliahan statistik ini diampu oleh Bapak Taufik, pembukaanya menarik dengan sebuah permainan dengan pertanyaan terkait pengetahuan umum dan brain tezzer. Materi yang dibawakan pada pertemuan awal hanyalah paparan tentang bagaimana perkuliahan dijalankan dan materi - materi yang akan hadir. Kemenarikan dari desain materi kali ini ialah Pak Taufik membawakan beberapa hal baru berupa dataset tentang hasil pembelajaran (learning analytics, dataset kependudukan) serta sebuah app statistik yang dibuat secara khusus untuk pengantar statistik kependidikan.

Mahasiswa menjelang akhir pemaparan, diberikan survey awal pembelajaran baik demografi dan pre-test. Soal pre-test dapat saya katakan cukup menarik dan sangat segar. Soal pre-test fokus pada konsep dasar statistik deskriptif namun menitik beratkan pada hal - hal teknis untuk proses interpretasi data.

Pemrograman Visual (observasi kelas)

Pada observasi di matakuliah ini, cukup normal dan tidak ada hal yang menarik terjadi dalam kelas. Pertemuan awal ini hanya berfokus pada pemaparan desain pembelajaran yang dilakukan untuk setengah semester. Berfokus pada penugasan yang cukup kompleks untuk dilakukan. Materi yang cukup baru dan sedikit menantang bagi mahasiswa membuat matakuliah ini akan menarik untuk diobservasi lebih lanjut.

Pengembangan Proposal Tesis

Pada pertemuan ini menjelaskan secara sederhana bagaimana perkuliahan yang akan dijalani. Poin penting dalam matakuliah ini ialah proses pengembangan proposal tesis dan tahap pembimbingan dengan dosen sebaiknya koheren dan berjalan beriringan. Secara umum, matakuliah akan berfokus pada fondasi dasar keilmuan dan tahapan penelitian. Paparan dilakukan oleh Pak Fadhli bersama Prof. Punaji.

Menuju peghujung akhir pembelajaran, dijelaskan konsep dasar sebuah proposal tesis oleh Prof. Punaji, baik konsep judul penelitian, batang tubuh sederhana, perbedaan dasar tentang eksperimen, kualitatif dan pengembangan.

Statistik Penelitian Teknologi Pembelajaran

Matakuliah ini kesannya seperti pada matakuliah tren dan isu TEP. Matakuliah ini berfokus pada pemaparan materi dari setiap uji statistika, mulai dari teori dasar statistika hingga uji kompleks seperti uji faktorial. Desain pembelajaran akan dikemas satu pertemuan, satu topik uji statistika. Tidak ada hal yang terlalu fancy namun dua pertemuan akhir terdapat tugas yang cukup terasa "project".

Tugas project tersebut berupa observasi lapangan dengan tujuan pengambilan data. Data yang telah didapatkan nantinya akan diuji menggunakan statistika untuk mendapatkan sebuah informasi. Sedangkan tugas projek lainnya ialah melakukan analisis terhadap metode statistik yang dilakukan pada sebuah tesis maupun artikel ilmiah yang terlah terpublikasi.

Metodologi Riset & Pengembangan

Matakuliah ini diampu oleh dosen yang sama seperti pengembangan proposal tesis. Proyek akhir yang digunakan juga sama, yaitu draft proposal. Secara khusus, matakuliah ini membahas terkait metode - metode penelitian yang dikhususkan untuk kajian teknologi pembelajaran. Prof. Punaji mengatakan bahwa sebenarnya, penelitian pengembangan merupakan penelitian yang melekat sebagai identitas seorang teknolog pembelajaran, berbeda dengan penelitian - penelitian sepertikualitatif dan kuantitatif.

Bidang kajian teknologi hadir untuk menyelesaikan masalah, sehingga erat kaitanyya dengan model applied research. Jenis penelitian terapan paling sederhana ialah pengembangan, karena penelitian pengembangan hadir untuk solusi dari sebuah permasalahan.

Desain Pembelajaran Cerdas