Skip to content

Visual Studio Bagi Para Pemula

Sesuai dengan pengalaman saya, Visual Studio tidaklah cocok bagi seseorang yang baru memulai perjalanannya di dunia pemrograman. Mereka tidak membutuhkan fitur yang lengkap, dan kompleks. Para pemula hanya membutuhkan sebuah compiler dan text/code editor untuk memulai petualangnya dalam dunia pemrograman.

Visual Studio memang memiliki fitur yang sangat lengkap dan terkesan mewah. Hal ini membuat bahwa koding tanpa visual studio akan lebih mudah karena fitur yang ada di Visual Studio sangat lengkap. Tapi realita yang ada, sebagian besar bahkan hampir seluruh fitur yang ada di Visual Studio tidak akan terpakai.

Mengapa hal itu terjadi? Mengingat bahwa saya seorang pemula, saya tidak membutuhkan fitur debugging, Source Version Control, Package Manager, dan berbagai fitur advanced lainnya. Yang saya butuhkan adalah tempat untuk menulis kode sederhana dan sebuah compiler untuk menjalankan kode saya.

Debugging dengan debug tools, Package Management, serta Source version masih menjadi sesuatu yang asing bagi seseorang yang baru memulai belajar memprogram. Fitur - fitur tersebut akan sangat bermanfaat ketika saya memulai bekerja dengan tim kecil dan memiliki sedikit pengetahuan dari proses belajar saya. Semua fitur tersebut memang bermanfaat tapi belum tentu dibutuhkan untuk seorang pemula.

Bagi seorang pemula, dan pengingat untuk saya sendiri, pakailah alat terbaik yang dapat kamu dapatkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Bukan berarti kalian tancap gas unduh Visual Studio, tetapi sesuaikan dengan tingkatan kalian.

  1. Gunakan aplikasi code editor seperti Visual Studio Code maupun Atom Editor bagi kalian yang baru memulai belajar memprogram.

  2. Gunakan Visual Studio atau sejenisnya bagi kalian yang bekerja dalam sebuah tim atau proyek, itu akan sangat membantu alur kerja kalian.

  3. Gunakan layanan awan seperti Github, Gitlab, dan lainnya ketika kalian telah yakin dan siap untuk berkelana di dunia pemrograman.

  4. Gunakan hati dan perasaan kalian untuk menyelesaikan segala sesuatu, karena tidak semua keputusan di dunia bisa di diprogram hehe.

Referensi: https://qr.ae/TSlqwq