Skip to content

Teknik Mencatat Penjelasan Dosen

Saya jarang sekali mencatat materi dari dosen. Saya lebih suka untuk membaca materi perkuliahan sebelum diajarkan oleh dosen saya. Hal tersebut sengaja saya lakukan agar tidak perlu repot mencatat semua penjelasan dari dosen. Saya hanya mencatat bagian - bagian yang tidak terdapat pada modul mata kuliah.

Menurut saya, cara tersebut sangat efisien jika perkuliahan dilakukan dengan singkat. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mencatat berbagai penjelasan dosen. Sebagian besar penjelasan tersebut dapat kalian cari secara mandiri.

Jika sengaja untuk mencatat penjelasan dosen, saya sarankan menggunakan The Cornell Note Taking System. Teknik mencatat metode Cornell sangat mudah untuk dilakukan. Pencatatan dengan teknik ini membagi kertas menjadi 4 bagian utama, yaitu: bagian catatan, kata kunci, ringkasan dan judul.

  1. Kalian dapat mulai mencatat penjelasan pada kolom Notes, catat semua hal penting yang dijelaskan oleh dosen. Cukup dengan kalimat sederhana dan jangan berbelit belit.
  2. Usai perkuliahan, Cek kembali catatan kalian. Tarik kata kunci pada catatan kalian, dan letakkan pada kolom Keyword. Kalian bisa menambahkan catatan pribadi pada kolom tersebut.
  3. Selanjutnya adalah ringkasan. Buatlah sebuah ringkasan sederhana berdasarkan catatan kalian, cukup dengan 2 - 3 kalimat sederhana.
  4. Selesai, jangan lupa untuk membaca ulang semua catatan perkuliahan tersebut dan arsipkan dengan rapi.